Tempat Kuliner di kota Kupang NTT

Kali ini saya akan menceritakan tentang budaya makan ikan bakar di kampung solor kota kupang, Saya sarankan bagi teman- teman yang berkunjung ke kota kupang terutama yang suka akan kuliner, jangan melewatkan makanan segar khas ibu Kota Propinsi NTT ini. Salah satu kebanggaan warga Kota Kupang bila menjamu tamu-tamu dari luar NTT adalah ikan bakar.

Alasan masih segarnya ikan yang baru ditangkap nelayan di Kota Kupang kemudian dibakar menjadi alasan para pelancong mencari makanan satu ini. Tak hanya itu, belum tercemarnya lautan di wilayah NTT menjadi dalih lain ikan bakar menjadi salah satu kuliner yang diburu para pelancong atau tamu-tamu pemerintah bila berkunjung di Kota Kupang.

Untuk menikmati sajian ikan bakar yang lezat, banyak warung atau restoran yang menawarkan menu istimewa tersebut. Bahkan saat Anda tiba di Kota Kupang, sajian ikan bakar dapat ditemui di warung-warung atau restoran di berbagai penjuru Kota Kupang.

Namun tak semua warung atau restoran menyajikan ikan bakar dengan kondisi ikan yang masih segar. Kalau tidak cermat, pecinta kuliner bisa kecewa lantaran ikan bakar yang disajikan ternyata sudah berhari-hari tersimpan dalam lemari pendingin.

Agar tak kecewa, tak salah bila Anda sebagai penggila ikan bakar mencoba berburu makanan kebanggaaan warga Kota Kupang itu di Pasar Malam Kampung Solor yang dibuka dari pukul 17.00 Wita hingga tengah malam. Lokasinya berada di dekat Jalan Siliwangi, Kelurahan Kampung Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Untuk mencapai lokasi itu, bila masih sore, Anda dapat menumpang angkutan umum dengan lampu nomor dua dengan ongkos Rp 3.000 per orang. Namun diatas pukul 19.00 Wita malam, Anda harus menumpang ojek atau taksi lantaran sudah banyak angkutan umum yang tidak beroperasi. Soal besar ongkos transportasi tergantung tawar menawar dengan sopir atau tukang ojek. Tak hanya itu, jauh dekat keberadaan Anda dari Pasar Malam juga berpengaruh pada besar kecilnya ongkos transportasi. Tak perlu khawatir akan tersesat lantaran lokasi pasar Malam sudah diketahui para tukang ojek dan sopir taksi yang biasa mangkal didepan hotel-hotel di Kota Kupang.

Setibanya di lokasi, Anda tak perlu berburu-buru memesan di satu tempat ikan bakar di Pasar Malam. Cobalah berkeliling dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari tempat duduk dan suasana yang nyaman. Pasalnya di Pasar Malam Kampung Solor, para pelancong akan menemui puluhan pedagang ikan bakar yang sudah memajang ikan segarnya dimasing-masing lapaknya.
Tak hanya satu jenis ikan bakar yang ditawarkan untuk jadi santapan malam lezat bagi Anda di Pasar Malam Kampung Solor. Beraneka ragam jenis ikan segar yang siap dibakar ditawarkan di masing-masing lapak para pedagang. Beberapa jenis ikan segar yang banyak disajikan diantaranya kerapu, kakap merah, cakalang, baronang dan banyak jenis ikan lainnya.

Pilihan ikan dan besar kecilnya tergantung selera dan budget dompet Anda saat hendak menikmati hidangan malam di Pasar Malam Kampung Solor Kota Kupang. Murah-mahalnya ikan para pedagang menjual bergantung pada musim. Bila musim angin tiba, maka harga ikan bisa akan mahal. Satu ikan kerapu bakar ukuran kecil bisa dihargai Rp 40.000 hingga Rp 50.000 sudah termasuk dengan sambal dan lalapan. Namun bila kondisi cuaca di laut sedang bersahabat, maka satu ikan bakar kecil bisa diharga Rp 25.000 per ekornya sudah termasuk dengan sambal dan lalapan. Sementara nasi per satu piring dihitung dengan harga Rp 5.000.

Tak hanya hanya ikan bakar, beraneka ragam sea food seperti kerang, kepeting, udang dan cumi siap menjadi santapan alternatif lain bila Anda menginginkan variasi lainnya. Selain itu, masakan sayur seperti cap jay, cah bunga pepaya, cah kangkung hingga paria juga siap mewarnai hidangan meja makan Anda. Soal harga setiap sayuran dibandrol Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Sementara sea food dibandrol dengan harga Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per porsinya.

Soal minuman, pecinta kuliner tak perlu khawatir. Di masing-masing lapak, sudah tersedia pedagang khusus minuman yang siap melayani kebutuhan minum Anda. Para pedagang menawarkan minuman air mineral, teh, jeruk hingga beraneka macam jus buah yang siap menyegarkan tenggorakan Anda usai menyantap lezatnya ikan bakar khas Pasar Malam Kampung Solor, Kota Kupang. Untuk diketahui, pedagang ikan bakar dan pedagang minuman memang tidak satu grup. Kebanyakan pedagang ikan bakar berasal di pulau Jawa. Sementara pedagang minuman berasal dari masyarakat setempat yang tinggal di Kampung Solor. Pemerintah Kota Kupang mengambil kebijakan itu agar terjadi harmonisasi antara penjaja ikan bakar dan warga sekitar lokasi.

Berkunjung dan bersantap malam di Pasar Malam Kampung Solor Kota Kupang tak hanya sekedar mencari kudapan untuk mengisi perut yang sementara lapar saat malam hari tiba. Banyak pengunjung yang memilih berlama-lama duduk di lapak penjual lantaran ingin sekedar mencuci mata. Selain banyaknya lalu lalang pengunjung berparas ayu dan tampan, Anda juga akan disuguhi iringan musik dari para penjual kaset CD, VCD dan MP3 disela-sela lapak penjual ikan bakar. Dengan demikian akan menambah makin nikmatnya makan ikan bakar segar di Pasar Malam Kampung Solor, Kota Kupang.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Madiun

Wisata Cibubur

Tempat Wisata Nearby