Tempat wisata NTT yang Menarik di Kunjungi di Waikabubak

Waikabubak.. Ada yang tau dimana kota Waikabubak? Kota Waikabubak berada di pulau Sumba (bedakan dengan Sumbawa), propinsi Nusa Tenggara Timur. Waikabubak adalah ibukota kabupaten Sumba Barat. 

Berikut ini adalah tempat wisata di sumba barat atau waikabubak:

1. Kampung Tarung 
tempat wisata yang menarik di kunjungi di waikabubak

Kampung Tarung dan Waitabar telah destinasi wajib yang harus masuk dalam daftar penjelajahan Anda selama mengarungi keindahan Waikabubak. Kedua kampung ini meski berbeda nama namun nyatanya menyatu dalam sebuah kawasan. Anda dapat menyambangi kampung luar biasa ini di tengah kota Waikabubak. Bayangkan cukup beberapa menit saja dari pusat kota maka sudah bisa melihat wajah asli budaya sumba yang begitu murni.

Kampung ini bukan sekadar kampung biasa melainkan juga berfungsi sebagai institusi sosial dan keagamaan (Marapu). Inilah salah satu potret terbaik menyentuh langsung agama Marapu di Sumba bersama tradisinya yang tidak banyak berubah sejak masa lampau.

Rumah adat Sumba atau uma merupakan bentuk bangunan adat dengan arsitektur vernakular pencakar langit. Strukturnya segi empat di atas panggung yang ditopang tonggak-tonggak kayu dengan kerangka utama tiang turus (kambaniru ludungu) sebanyak 4 batang, juga ada 36 batang tiang (kambaniru) berupa struktur portal dengan sambungan pen memakai kayu mosa, kayu delomera, atau kayu masela.

Ada tiga bagian utama rumah adat sumba, yaitu: pertama: bagian atap rumah (toko uma) berbentuk kerucut seperti menara biasa digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka. Terkadang pula di sana digunakan untuk menyimpan hasil panen. Kedua, ruang hunian (bei uma) yang tidak menyentuh tanah. Pada ruang dalam dibedakan atas ruang akses untuk pria dan wanita. Ada juga ruang hunian berlantai bambu untuk tempat bermusyawah berupa beranda luas (bangga). Ketiga, adalah bagian bawah rumah (kali kabunga) menjadi kandang ternak, seperti kambing, babi, atau bahkan kuda dan kerbau.

Selain bagian dari struktur bangunan rumah adat di atas, ada beberapa jenis bangunan adat dengan peruntukan khusus di Sumba, yaitu: rumah tinggi bertingkat tempat memelihara ternak kuda dan babinya dikolong rumah (uma jangga), rumah keramat pemujaan marapu atau roh leluhur yang tidak dipergunakan sebagai tempat tinggal (uma ndewa), serta rumah besar tempat bermusyawarah adat (uma bokulu).

2. Taman nasional manupeu  tanah daru
tempat wisata yang menarik di kunjungi di waikabubak
Taman nasional ini terletak di arah barat menuju luar kota waikabubak dan taman nasional ini depenuhi oleh beraneka ragam pepohonan yang berukuran besar ,serta satwa margasatwanya yang banyak oleh karena itu tempat ini cocok sekali bagi anda yang gemar mencari kesejukan akibat pekerjaan yang melelahkan sebaiknya anda berkunjung ke taman nasionall manupeu tanah daru ini.

3. Pantai wanokaka
tempat wisata yang menarik di kunjungi di waikabubak
Pantai wanokaka terletak  kurang lebih 20km dari kota waikabubak, Pantai ini masih alami bagi anda yang ingin melihat keindahan laut dan pantai di sumba barat silahkan mampir ke pantai wanokaka.

4. Pantai watu bela
tempat wisata yang menarik di kunjungi di waikabubak
Pantai ini sudah lama ada , namun akses jalan yang kurang bagus membuat pantai ini belum lama dikenal. Akses jalan lebar walu hanya jalan perkerasan batu puth namun cukup untuk sekelas bus kecil masuk. Area parkir luas, ada tanah lapang berumput bisa dijadikan parkir sekaligus arena bermain. Jika mau ke pantai turun lewat tangga batu yang tersusun alami.. mirip sebuah teluk kecil. Ada gua di sebelah pojok barat dapat masuk jika air surut. Pantai pasir putih bersih. Banyak lokasi / spot foto yang bisa ditemui. Baik dari sisi atas batu yang menonjol di sebelah kanan pantai.

Di dekat pantai ini juga bisa ditemui bukit hijau seperti bukit teletubbies.. sepertinya bisa untuk camping. Kekurangan disini yaitu MCK.. tidak ada ruang untuk ganti. Ada ruang pun seadanya bilik dari daun kelapa, ditarik 5000 rupiah untuk penggunaan ruang ganti ini oleh warga sekitar. Tidak ada penjual makanan minuman di area ini. Hanya anak anak sekitar yang menawarkan kelapa muda yang baru saja dipetik dari pohon.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Madiun

Wisata Cibubur

Area Wisata Jakarta