Kuliner Enak Khas Sumba, Enak Sih Tapi Sedikit Ngeri



Selain berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lain, liburan juga paling asyik kalau ditemani dengan makanan yang enak, misalnya wilayah Sumba. Selain terkenal dengan tempat wisata yang bagus, Sumba juga terkenal dengan sajian kulinernya yang pasti menggugah selera.

Kalian pasti penasaran kan sama kuliner enak khas Sumba? Daripada terus penasaran, berikut ini 6 sajian kuliner enak khas Sumba yang berhasil blog Reservasi.com rangkum buat kalian.


1. Sup Ayam Waingapu
Kalian yang suka hidangan ayam, wajib banget cobain kuliner yang satu ini! Lihat saja ayam yang dimasukin ke sup ini, tidak tanggung-tanggung, langsung satu ekor! Untuk menambah cita rasa, ayam satu ekor ini disiram dengan sup kaldu yang gurih, dicampur irisan tomat, dan belimbing wuluh. Sekali kalian coba sup ayam Waingapu ini, kalian pasti ketagihan.

2. Jagung Titi
Kuliner enak khas Sumba yang satu ini berbahan dasar jagung titi. Jagung ini dimasak dengan cara digoreng, tapi tanpa minyak. Jadi, tetap aman ya bagi kesehatan. Cita rasa dari jagung titi sangat mirip dengan popcorn, sangat original.

Kalau kalian kurang suka dengan rasa jagung original, kalian bisa request jagung titi dengan rasa pedas ataupun manis. Nanti penjualnya akan buatin bumbu khusus sesuai permintaan kalian. Enak, kan?

3. Rumpu Rampe
Dari tampilannya, mungkin kalian sudah tahu jenis makanan seperti apa si rumpu rampe ini. Ya, rumpu rampe adalah sayur daun pepaya yang dimasak dengan cara ditumis. Meskip terbuat dari daun pepaya, tapi sayur rumpu rampe ini sama sekali tidak pahit, lho! Karena memang sudah dinetralisir terlebih dulu dengan garam selama beberapa menit.

Oh ya, sayur rumpu rampe ini tidak hanya terdiri dari daun pepaya saja, tap juga daun singkong. Penasaran sama cita rasa kuliner enak khas Sumba yang satu ini? Silahkan dicoba saat kalian liburan ke Sumba ya!


4. Jawada atau Kue Rambut
Jawada atau kue rambut merupakan kuliner enak khas Sumba selanjutnya yang sering dijadikan sebagai snack atau makanan ringan. Jawada sangat cocok disantap saat sedang bersantai dengan keluarga atau saat kalian lapar, tapi nggak mau makan makanan berat.

Bentuknya sengaja dibuat menyerupai segitiga supaya lebih menarik. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng, lalu dibalut dengan irisan gula merah. Rasa kue rambut ini sangat renyah dan berbunyi “kres-kres” saat dimakan.

5. Jagung Catemak
Kuliner enak khas Sumba selanjutnya adalah jagung catemak. Kuliner ini juga berbahan dasar jagung, tapi diolah menyerupai kolak. Isi dari jagung catemak ini bukan hanya jagung saja, tapi juga ada labu, kacang hijau, dan sayur-sayuran. Seluruh bahan makanan nantinya dimasak sampai lunak terlebih dulu, setelah itu, barulah akan dicampur dengan irisan gula merah.

Rasa manis dari jagung catemak ini akan buat kalian ketagihan. Apalagi kalau kalian memang suka dengan kolak ya! Kalau kalian kurang suka karena ada campuran sayur-mayurnya, kalian bisa coba kuliner enak khas Sumba yang lain.


6. Bokosawu Nyale
Makanan ini sangat menggugah selera ya kalau dilihat dari gambar. Tapi, kalian jangan kaget karena bokosawu nyale ini ternyata terbuat dari cacing laut yang digoreng dan dicampur dengan sambal khas ala masyarakat Sumba. Supaya bau cacing lautnya tidak tercium, bokosawu nyale ini dicampur dengan daun kemangi.

Kuliner ini memang sedikit mengerikan karena cacing lautnya. Tapi, kebanyakan orang yang sudah pernah coba makanan ini bilang kalau makanan ini enak, gurih, dan kenyal. Kalau kalian mau buktikan kebenarannya, kalian harus cobain makanan yang satu ini ya!

Sumber blog.reservasi.com

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Madiun

Wisata Cibubur

Tempat Wisata Nearby