Pesona Gunung Bagus Paliyan Gunung kidul yang sedang viral

Gunung kidul kembali menjadi perbincangan yang sedang viral di kalangan anak muda. Saat ini yang menjadi viral yaitu destinasi wisata gunung bagus. Hal ini disebabkan banyak beredar foto-foto keren gungung bagus yang mirip dengan bukit wairinding di Sumba, NTB. Sebelum viral seperti sekarang ini, gunung bagus merupakan sebuah hutan yang ditanami pohon jati. Gunung bagus bukan merupakan obyek wisata karena merupakan hutan pohon jati yang di babat untuk diganti varietas yang unggul. Setelah pohon jati di babat, lahan ini dimanfaatkan dengan ditanami jagung sehingga saat ini menjadi hamparan hijau sehingga mirip dengan bukit teletubies.

Foto by: images sources

Gunung bagus sebenarnya dikenal sebagai tempat yang digunakan untuk melakukan ritual mencari pasugihan. Pasugihan yang ada ditempat ini menurut ceritanya berupa tuyul. Entah mitos ataupun fakta namun masih banyak masyarakat yang mempercayai jalan pintas untuk menjadi kaya ini.

Terlepas dari mitos untuk mencari pasugihan, gunung bagus mulai ramai sejak foto-foto keren beredar di sosial media. Banyak para pemburu foto kemudian berdatangan ke tempat ini untuk menyaksikan langsung keindahan gunung bagus serta untuk berfoto-foto. Namun warga sekitar berpesan agar para pengunjung lebih bijak apabila datang ke tempat ini agar tidak merusak tanaman saat melakukan foto-foto.

Rute menuju Gunung Bagus

Gunung Bagus terletak di jalan Giring - Singkil, Candi, Giring, Paliyan, gunung Kidul. Untuk akses menuju tempat ini sangatlah bagus karena sudah jalan beraspal dan merupakan salah satu jalur alternatif menuju pantai baron dan sekitarnya. Untuk sampai ke tempat ini tidak ada transportasi umum yang melewati lokasi ini sehingga anda harus menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Untuk rute apabila dari pusat kota jogja silahkan melewati jalan Wonosari - bunderan, selanjutnya belok kanan menuju lampu merah Pancuran (pohon beringin) kemudian belok kanan melewati jalan Ki Agng giring sampai pertigaan Wereng. Dari pertigaan Wereng selanjutnya ambil kanan melewati jalan Wonosari - Paliyan sampai perempatan taman Ki Ageng Giring lurus saja melewati jalan Giring - Singkil sejauh 3 kilometer.
Foto by: images sources

Retribusi Masuk Gunung Bagus

Untuk biaya restribusi masuk ke tempat ini sampai saat ini gratis, dikarenakan tempat ini belum menjadi obyek wisata karena hanya merupakan jalan pintas. Dan sampai saat ini juga belum ada informasi bahwa tempat ini akan dijadikan obyek wisata.

Fasilitas Umum yang tersedia

Fasilitas umum yang tersedia di tempat ini tidak ada. Hal ini dikarenakan tempat ini bukan merupakan obyek wisata sehingga tidak ada fasilitas seperti tempat parkir, toilet, mushola, dll.

Popular posts from this blog